Abstrak


Studi Eksperimen Sifat Mekanik Plastisin Sebagai Alternatif Material Pengganti Tanah Lempung Untuk Pemodelan Fisik Skala Laboratorium Experimental Study Of The Mechanical Properties Of Plasticin As An Alternative Materials To Replace Clay For Physical Modeling Of Laboratory Scale


Oleh :
Brilliant Bagaskara - I0116025 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Brilliant Bagaskara, 2020, Studi Eksperimen Sifat Mekanik Plastisin Sebagai Alternatif Material Pengganti Tanah Lempung Untuk Pemodelan Fisik Skala Laboratorium. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Material tanah yang digunakan pada analisis geoteknik biasanya digolongkan menjadi dua berdasarkan ukuran butirannya: 1) tanah non kohesif untuk pasir atau kerikil dan 2) tanah kohesif untuk tanah lempung. Pemodelan fisik tegangan dan deformasi di laboratorium menggunakan tanah non kohesif dinilai lebih mudah, mengingat sifatnya yang granural dan butirannya yang relatif besar, sehingga pergerakan partikel tanah granular dapat lebih mudah diamati secara visual. Pada tanah kohesif, karena ukuran butirannya yang sangat kecil serta sifat lekatan antar partikel yang kuat menyebabkan pergerakan partikelnya relatif tidak mudah diamati secara visual. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian studi eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui potensi plastisin sebagai bahan pengganti material kohesif, material kohesif yang dibandingkan adalah lempung kaolin. Plastisin yang diujikan, dibagi menjadi dua, plastisin produksi pabrik atau plastisin pasaran, dan plastisin buatan sendiri yang terbuat dari bahan microwax dan petroleum jelly,a yang divariasikan kadar minyaknya. Kelebihan Plastisin dibandingkan dengan tanah kohesif, adalah tidak kehilangan kadar minyak meskipun bersentuhan langsung dengan udara. Penelitian utama yang dilakukan adalah pengujian sifat mekanik dengan pengujian kuat tekan tak terkekang (UCS) dan pengujian HPT menggunakan hand penetrometer. Keluaran dari pengujian UCS dan HPT dalah kuat tekan, kuat geser, dan modulus elastisitas. Telah dilakukan pengujian sifat mekanik plastisin dengan variasi bahan dan kadar minyak dibandingkan dengan pengujian yang sama pada tanah lempung kaolin pada variasi kadar air. Hasil studi eksperimen menunjukkan bahwa plastisin dapat digunakan sebagai salah satu pengganti tanah kohesif untuk pemodelan tanah di laboratorium.

 


Kata kunci : plastisin, matrial pengganti, tanah lunak, sifat mekanik