Abstrak


Manajemen Order untuk Mengurangi Overload Order Ekspor pada CV Yudhistira


Oleh :
Novaldo Anggriyan Pradana Putra - F3117046 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terdapat masalah overload  order  yang  terjadi  di  CV Yudhistira Boyolali.  Tujuan  penelitian  ini adalan mengetahui keterkaitan manajemen order dan overload order serta dampak yang ditimbulkan dari overload order.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis kualitatiaf yaitu penelitian yang dilakukan dengan wawancara, tabel-tabel yang tersedia kemudian melakukan uraian dan penafsiran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan diagram fishbone yang bertujuan untuk menunjukan sebab dan akibat dari adanya overload order.
Hasil penelitian ini adalah diketahuinya keterkaitan manajemen dengan overload order yaitu belum terlaksananya fungsi manajemen dengan baik sehingga menyebabkan proses pemenuhan order tidak tersusun dengan rapi dan tim produksi menganggap bahwa terjadi overload order pada CV Yudhistira karena beban pekerjaan naik. Dampak dari adanya overload order pada CV Yudhistira yaitu adanya keterlambatan pengiriman, hasil produksi yang kurang sempurna, harga jual turun. Saran yang diberikan diantaranya perusahaan   harus   melakukan   evaluasi   rutin   dua   minggu   sekali   dan   perusahaan menggunakan sistem informasi Order Managemen System (OMS).

Kata kunci: Manajemen Order, Overload Order, Diagram Fishbone