Abstrak


Analisis Efektivitas, Tingkat Pertumbuhan Dan Kontribusi Pajak Penerangan Jalan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo (Tahun 2016 – 2019)


Oleh :
Sinta Dwi Rizky Nugraheni - F3417052 - Sekolah Vokasi

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pertumbuhan, efektivitas, dan kontribusi pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2016 – 2019. Analisis data yaitu dengan cara menghitung  persentasi  tingkat  realisasi  penerimaan  pajak  penerangan  jalan dengan  target  yang  telah  ditetapkan  dari  tahun  2016  –  2019,  menghitung persentase kontribusi pajak penerangan jalan terhadap penerimaan pajak daerah dari data sekunder yang ada serta wawancara di BKD Sukoharjo.
Hasil dari penelitian ini adalah tingkat efektivitas pajak penerangan jalan Kabupaten Sukoharjo tahun 2016 – 2019 tergolong sangat efektif dengan rata – rata persentase 119% meski tingkat pertumbuhan realisasi dalam kurun waktu 4 tahun mengalami penurunan, dan tingkat      kontribusi   pajak   penerangan   jalan terhadap pendapatan asli daerah dari tahun 2016 – 2019 tergolong cukup baik dengan rata – rata persentase 34%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas pajak penerangan jalan di Kabupaten Sukoharjo tergolong sangat efektif karena persentase efektivitasnya mencapai lebih dari 100%. Meskipun tingkat efektivitas pajak penerangan jalan terus meningkat, namun tingkat pertumbuhan penerimaan pajak penrangan jalan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir mengalami penurunan. Lalu tingkat kontribusi pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Sukoharjo dari tahun 2016 – 2019 tergolong rendah (10-20%) hingga sedang  (20-30%).  Ada  beberapa  hambatan  yang  ditemukan  dalam mengoptimalkan penerimaan pajak penerangan jalan, salah satunya ialah kurang kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib membayar pajak listrik dan masih adanya pemasangan listrik liar yang dapat merugikan PT.PLN.

 

 

Kata    kunci:    Efektivitas,    Tingkat    Pertumbuhan,    Kontribusi,    Pajak
Penerangan Jalan.