Abstrak


Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Konsumen Terhadap Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Septian Putra Suharyanto - F0116093 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Studi ini bertujuan untuk mengetahui variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived security dan pandemic covid 19 terhadap niat konsumen dalam penggunaan e-commerce. Penelitian ini menggunakan Regresi Berganda yang dianalisis mengunakan software IBM SPSS 26. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode purposive random sampling dengan jumlah  responden  sebanyak  seratus  orang.  Hasil  temuan  menunjukkan  bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived security dan pandemic covid 19  berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan e- commerce. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan bahwa pihak e-commerce dalam sistem lebih memberikan kemudahaan dalam penggunaan, dan keamanan dalam bertransaksi secara lebih baik lagi, agar lebih meningkatkan niat konsumen dalam melakukan pembelian barang atau jasa di e-commerce.

Kata Kunci: performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived security, pandemic covid 19, niat kosumen, Regresi Berganda