Abstrak


Analisis Pengaruh Umur Mesin, Kapasitas Mesin, Dan Jarak Tempuh Kumulatif Terhadap Besarnya Kepekatan Gas Buang Kendaraan Berbahan Bakar Solar ( Studi Kasus Jalan Brigjend. Slamet Riyadi Surakarta )


Oleh :
Diva Dimitriko - I0116033 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Diva Dimitriko, 2020, Analisis Pengaruh Umur Mesin, Kapasitas Mesin, dan Jarak Tempuh Kumulatif Terhadap Besarnya Kepekatan Gas Buang Kendaraan Berbahan Bakar Solar. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah model perhitungan besarnya emisi akibat variabel-variabel terukur. Beberapa variabel yang mungkin mempengaruhi besarnya emisi gas buang kendaraan bermotor adalah umur mesin kendaraan, kapasitas mesin, dan jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan tersebut. Dari model perhitungan emisi gas buang yang didapatkan, digunakan untuk menghitung emisi gas buang kendaraan beroda empat berbahan bakar solar di jalan yang menjadi studi kasus. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan survei volume lalu lintas, kecepatan rata-rata kendaraan, dan debit gas buang kendaraan. Data primer tersebut didukung dengan data sekunder yang didapatkan dari Dinas Lingkungan Hidup Surakarta. Untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi besarnya emisi gas buang kendaraan bermotor digunakan metode regresi linier berganda. Dengan metode ini satu persatu variabel akan dieliminasi untuk mendapatkan variabel yang paling mempengaruhi besarnya emisi gas buang kendaraan beroda empat berbahan bakar solar. Dari analisis regresi linier berganda, ditemukenali bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap besarnya emisi gas buang kendaraan beroda empat berbahan bakar solar adalah umur mesin kendaraan. Dari model ini akan didapatkan emisi gas buang untuk satu kendaraan. Model kepekatan emisi gas buangnya adalah Y = 26,355 + 0,956X1, dengan Y adalah kepekatan emisi gas buang (dalam kg/menit ) dan X1 adalah umur mesin kendaraan (dalam tahun). Untuk studi kasus Jalan Brigjend.  Slamet Riyadi Surakarta, dengan jumlah LHRT per kelompok umur mesin diketahui, kecepatan rata rata kendaraan sebesar 3451 km/jam, dan panjang jalan sebesar 3,6 km, maka besar emisi gas buang kendaraan berbahan bakar solar adalah sebesar 214,895 ton/hari.
Kata Kunci : emisi gas buang kendaraan, kendaraan berbahan bakar solar, regresi linier berganda, model perhitungan emisi