Abstrak


Pengaruh Variabel Job Isecurity dan Co-Worker Support pada Social Loafing Behavior dengan Turnover Intention Sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Karyawan Restoran di Sragen)


Oleh :
Arda Ernando - F0216010 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujan mengeksplorasi pengaruh antara job insecurity, co-worker support, social loafing, dan turnover intention, khususnya efek mediasi dari turnover intetntion dalam pengaruh antara job insecurity, co-worker support, dan social loafing. Objek penelitian ini adalah karyawan restoran di kota Sragen. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 142 karyawan. Teknik sampling yang digunakan yaitu convenience sampling. Pengujian yang dilakukan meliputi meliputi factor loading dengan metode average variance extracted (AVE) untuk menguji validitas dan metode Cronbach's Alpha untuk menguji reliabilitas, untuk menguji inner model menggunakan R-square dan Goodnes of Fit, serta pengujian hipotesis dengan metode bootstrapping. Perangkat lunak yang digunakan pada penelitian ini adalah Smart PLS 3.0.
Hasill penelitian ini dapat disimpulkan bahwa co-worker support berpengaruh negatif pada turnover intention. Cognitive job insecurity berpengaruh negatif  pada turnover intention dan affective job insecurity berpengaruh positif pada turnover intention. Turnover intention berpengaruh positif pada social loafing. Turnover intention memediasi secara parsial pengaruh co-worker support, cognitive job insecurity, dan affective job insecurity pada social loafing.

Kata Kunci : Dukungan Rekan Kerja, Ketidakamanan Pekerjaan, Kemalasan Sosial, Niat Karyawan Untuk Pergi