Abstrak


Pengaruh Kompetensi Pemimpin pada Kinerja Karyawan dan Loyalitas Karyawan dengan Knowledge Sharing Sebagai Pemediasi (Studi pada Karyawan Perhotelan di Yogyakarta)


Oleh :
Arjuna Fatah Rhomadhan Nuzulul Quran - F0217016 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Peranan   seorang   pemimpin   dalam   industri    hospitality   khususnya perhotelan sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang  interaktif dan  hubungan relasional yang  baik untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan. Terdapat dua dimensi kompetensi pemimpin yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kompetensi pemimpin terkait karyawan dan  kompetensi pemimpin terkait pekerjaan. Menurut  social capital theory,  jaringan dari setiap hubungan dapat menjadi sumber daya  yang penting bagi seluruh anggota organisasi dalam memberikan manfaat kepada anggota organisasi tersebut yang mana dapat memengaruhi kinerja karyawan dan loyalitas karyawan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menguji pengaruh antara kedua kompetensi pemimpin, knowledge sharing, kinerja karyawan, dan loyalitas karyawan. Penelitian ini juga meneliti peranan knowledge sharing sebagai pemediasi   pada   pengaruh  kompetensi   pemimpin   pada  kinerja   karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan perhotelan yang  berada di Yogyakarta dengan mendistribusikan kuesioner penelitian secara online melalui google form dengan jumlah  kuesioner  yang   terkumpul  dan   dapat diproses  sebanyak  115 responden.  Pengujian  pengaruh  langsung  antar   variabel  dilakukan  dengan metode analisis regresi berganda, sedangkan uji mediasi dilakukan dengan path analysis  atau  analisis  jalur  yang  keduanya diolah  menggunakan aplikasi  SPSS
16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua kompetensi pemimpin berpengaruh positif dan signifikan pada knowledge sharing, lalu hanya kompetensi pemimpin terkait pekerjaan yang  berpengaruh positif dan  signifikan pada kinerja karyawan, sedangkan  kompetensi pemimpin terkait karyawan tidak. Knowledge sharing berpengaruh positif dan  signifikan pada kinerja karyawan dan  loyalitas karyawan, serta kinerja karyawan juga berpengaruh positif dan  signifikan pada loyalitas karyawan. Sementara itu, hasil path  analysis menunjukkan bahwa knowledge sharing mampu memediasi penuh pengaruh kompetensi pemimpin terkait pekerjaan pada kinerja karyawan, namun tidak berperan sebagai pemediasi pada pengaruh kompetensi pemimpin terkait karyawan pada kinerja karyawan.

Kata   kunci:   Kompetensi   Pemimpin,   Knowledge   Sharing,   Kinerja   Karyawan, Loyalitas Karyawan