Abstrak


Pengaruh Informasi, Citra Toko, dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Konsumen (Studi pada Salon Rudy Hadisuwarno di Kota Surakarta)


Oleh :
Ayu Nadia Haniah - F0217023 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Informasi, citra toko, dan citra merek merupakan variabel yang penting untuk membentuk konsep awal niat pembelian suatu produk, khususnya dalam salon kecantikan. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis salon kecantikan dengan objek Salon Rudy Hadisuwarno di Kota Surakarta. Peneliti telah melakukan penyebaran kuesioner umtuk menilai variabel Informasi, Citra Toko, Citra Merek, Persepsi Kualitas, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Nilai, dan Niat Pembelian. Diperoleh hasil akhir survey sebanyak 566 responden, menyisakan 344 responden yang memenuhi kriteria.  Dalam penelitian  ini telah  dilakukan pengujian instrumen dengan uji realibilitas dan validitas, pengujian model, dan pengujian hipotesis menggunakan alat uji SmartPLS3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa  informasi tidak  berpengaruh  terhadap  persepsi kualitas, namun berpengaruh terhadap persepsi kepercayaan. Sedangkan citra toko dan citra merek memiliki pengaruh positif terhadap persepsi kualitas dan persepsi kepercayaan. Persepsi kualitas tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi nilai dan niat nembelian, namun berpengaruh positif terhadap persepsi kepercayaan. Persepsi kepercayaan berpengaruh positif  persepsi nilai dan  niat  pembelian. Persepsi nilai memiliki pengaruh terhadap niat nembelian. Hasil akhir dari model SmartPLS 3 digunakan untuk mengkonfirmasi hubungan yang diusulkan antara variabel

Kata kunci      :  Informasi,  Citra  Toko,  Citra  Merek,  Persepsi  Kualitas,  Persepsi Kepercayaan, Persepsi Nilai, Niat Pembelian.