Abstrak


Pengaruh Gangguan Pesan Iklan Terhadap Penghindaran Iklan Melalui Skeptisme Dan Iritasi Iklan (Studi pada Pengguna Aplikasi Pemutar Musik Spotify)


Oleh :
Fauzia Nurhananingtyas - F1218020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara gangguan pesan iklan terhadap penghindaran iklan melalui iritasi iklan, dan skeptisme iklan pada pengguna aplikasi pemutar musik Spotify di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji berdasarkan pengalaman responden tentang hubungan antara gangguan pesan iklan yang muncul terhadap penghindaran iklan yang dilakukan pengguna.

Data diperoleh dikumpulkan melalui survei secara online terhadap 230 responden dengan teknik snow bowling. Structural Equation Modelling (SEM) adalah alat statistic yang dipilih untuk menjelaskan hubungan antara variabel yang dikonsepkan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa gangguan pesan iklan berpengaruh terhadap iritasi iklan, skeptisme iklan, dan penghindaran iklan. Kemudian iritasi iklan terbukti berpengaruh terhadap penghindaran iklan serta skeptisme iklan memiliki pengaruh terhadap penghindaran iklan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengguna melakukan penghindaran iklan dengan dipengaruhi dari gangguan pesan iklan yang muncul serta rasa teriritasi dan skeptis dari iklan yang dipaparkan.

 

Kata kunci: Nilai Iklan, Gangguan Pesan Iklan, Iritasi Iklan, Skeptisme Iklan, Penghindaran Iklan