Abstrak


Kejadian Gingivitis pada Penderita Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di RSUD Dr. Moewardi dengan Kebiasaan Menyikat Gigi yang Baik


Oleh :
Muflihan Nafis Syahida - G0014159 - Fak. Kedokteran

Pendahuluan: Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik (LES) diperantarai oleh sistem imun dengan kondisi sistem imun yang menyerang tubuhnya sendiri atau sering disebut autoimun. Pada penderita LES, dapat terjadi reaksi hipersensitivitas tipe  II atau  reaksi  sitotoksik.  Meskipun  gingivitis  yang  disebabkan  oleh  plak adalah salah satu peradangan yang paling umum, penyakit gingiva yang bukan disebabkan  oleh  plak  juga  berpengaruh  penting  pada  pasien.  Gingivitis  yang bukan disebabkan oleh plak dapat mewakili perubahan patologis yang terbatas pada jaringan gingiva dan merupakan manifestasi dari kondisi sistemik. Penyakit sistemik yang mengintervensi sistem inflamasi tubuh dapat memperburuk kondisi gusi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kejadian gingivitis pada penderita Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di RSUD Dr. Moewardi dengan kebiasaan menyikat gigi yang baik.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi case control dan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di poliklinik penyakit dalam dengan jumlah sampel kasus 30 pasien LES RSUD Dr. Moewardi dan 30 sampel kontrol. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling.  Variabel  terkendali  adalah  kebiasaan  menyikat  gigi  yang baik.  Kejadian  gingivitis dinilai  menggunakan  indeks  gingiva.  Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Mann-Whitney U.

Hasil: Ditemukan nilai tengah indeks gingiva pada kelompok kontrol sebesar 0 yang merepresentasikan gingiva normal, sedangkan pada kelompok kasus sebesar
0.33 yang menunjukkan  inflamasi ringan. Dari hasil analisis statistik terdapat perbedaan  kejadian  gingivitis  yang  signifikan  antara  penderita  Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di RSUD Dr. Moewardi dengan kebiasaan menyikat gigi yang baik dan bukan penderita dengan p = 0.018.

Simpulan:  Kejadian  gingivitis  pada  penderita  Lupus  Eritematosus  Sistemik (LES)  di  RSUD  Dr.  Moewardi  dengan  kebiasaan  menyikat  gigi  yang  baik terutama disebabkan oleh faktor sistemik melalui reaksi hipersensitivitas tipe II.

 

Kata Kunci: Kejadian Gingivitis, Lupus Eritematosus Sistemik (LES), Kebiasaan Menyikat Gigi yang Baik