Abstrak


Kesiapan Petugas Kesehatan dan Fasilitas Puskesmas Untuk Menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Tuberkulosis Resisten Obat


Oleh :
Muhammad Reyhan Pratama - G0016156 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang. Kasus Multidrug Resistant Tuberkulosis (MDR-TB) mengalami peningkatan di Indonesia. Program Penanggulangan TB Nasional Indonesia merekomendasikan implementasi Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan satelit untuk mendukung pengawasan minum obat secara langsung pada kasus MDR-TB fase pengobatan lanjutan. Program tersebut harus didukung oleh tim Pengendalian dan Pencegahan Infeksi di Puskesmas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan petugas kesehatan dan fasilitas Puskesmas untuk menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Tuberkulosis Resisten Obat di Kabupaten Sukoharjo.

Metode. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif dengan rancangan cross sectional. Metode pengambilan data menggunakan total sampling. Penelitian dilakukan di seluruh Puskesmas Kabupaten Sukoharjo pada bulan September- Oktober 2020. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner Data Responeden dan kuesioner yang dikembangkan dari Pedoman PPI TB di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan WHO Checklist for Periodic Evaluation of TB Infection Control in Healthcare Facilities. Total responden yang memenuhi kriteria inklusi adalah 96 orang. Data yang dianalisis adalah pengetahuan, sikap, dan fasilitas sarana prasarana Puskesmas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif.

Hasil. Hasil penelitian yang dilakukan di 12 Puskesmas Kabupaten Sukoharjo ini menunjukkan tingkat pengetahuan baik 47 responden (49%), tingkat pengetahuan cukup 39 responden (40,6%), tingkat pengetahuan kurang 10 responden (10,4%). Kesesuaian sikap diperoleh data sikap baik 21 responden (21,9%), sikap cukup sesuai 70 responden (72,9%), sikap kurang sesuai 5 responden (5,2%). Kelayakan fasilitas didapatkan data fasilitas baik 86 responden (89,6%), fasilitas cukup 9 responden (9,4%), fasilitas kurang 1 responden (1%).

Simpulan. Sebagian besar petugas Puskesmas memiliki tingkat pengetahuan yang baik, sebagian besar petugas Puskesmas memiliki sikap yang cukup sesuai, dan fasilitas  Puskesmas  layak  untuk  melaksanakan  Program  Pengendalian  dan Pencegahan Infeksi TB Resisten Obat.

Kata Kunci. Tingkat Pengetahuan, Sikap, Fasilitas, Tuberkulosis Resisten Obat, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.