Abstrak


Hubungan Kelekatan Orang Tua Dengan Kemandirian pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Lintang Nastiti - G0113057 - Fak. Kedokteran

Sampel dalam penelitian ini adalah 61 mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret yang dipilih dengan stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kemandirian yang terdiri dari 37 aitem valid dengan rxx = 0,926 dan skala kelekatan orang tua yang terdiri dari 23 aitem valid dengan rxx = 0,925.
Kesimpulan  penelitian  ini  adalah  tidak  ada  hubungan  antara  kelekatan orang tua dengan kemandirian mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas  Maret  Surakarta.  Hasil  tersebut  ditunjukkan  dengan  hasil  koefisien korelasi rxy = 0,126 dengan sig. = 0,438 > 0,05. Tingkat variabel kemandirian dan kelekatan orang tua masuk dalam kategori sedang. Hasil Model Summary antara kelekatan orang tua dengan kemandirian pada mahasiswa sebesar 1%, ditunjukkan oleh nilai R Square = 0,010. Hal ini berarti masih terdapat 99?ktor lain yang mempengaruhi kemandirian.

Kata kunci: Kemandirian Mahasiswa, Kelekatan Orang Tua Asuh