Abstrak


Pengaruh Kompetensi Pemimpin pada Kinerja Karyawan dan Loyalitas Karyawan dengan Knowledge Sharing sebagai Pemediasi (Studi pada Karyawan Perhotelan di Yogyakarta)


Oleh :
Arjuna Fatah Rhomadhan Nuzulul Quran - F0217016 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Peranan seorang pemimpin dalam industri hospitality khususnya perhotelan sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang interaktif dan hubungan relasional yang baik untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan. Terdapat dua dimensi kompetensi pemimpin yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kompetensi pemimpin terkait karyawan dan kompetensi pemimpin terkait pekerjaan. Menurut social capital theory, jaringan dari setiap hubungan dapat menjadi sumber daya yang penting bagi seluruh anggota organisasi dalam memberikan manfaat kepada anggota organisasi tersebut yang mana dapat memengaruhi kinerja karyawan dan loyalitas karyawan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara kedua kompetensi pemimpin, knowledge sharing, kinerja karyawan, dan loyalitas karyawan. Penelitian ini juga meneliti peranan knowledge sharing sebagai pemediasi pada pengaruh kompetensi pemimpin pada kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan perhotelan yang berada di Yogyakarta dengan mendistribusikan kuesioner penelitian secara online melalui google form dengan jumlah kuesioner yang terkumpul dan dapat diproses sebanyak 115 responden. Pengujian pengaruh langsung antar variabel dilakukan dengan metode analisis regresi berganda, sedangkan uji mediasi dilakukan dengan path analysis atau analisis jalur yang keduanya diolah menggunakan aplikasi SPSS 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua kompetensi pemimpin berpengaruh positif dan signifikan pada knowledge sharing, lalu hanya kompetensi pemimpin terkait pekerjaan yang berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan, sedangkan kompetensi pemimpin terkait karyawan tidak. Knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan dan loyalitas karyawan, serta kinerja karyawan juga berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas karyawan. Sementara itu, hasil path analysis menunjukkan bahwa knowledge sharing mampu memediasi penuh pengaruh kompetensi pemimpin terkait pekerjaan pada kinerja karyawan, namun tidak berperan sebagai pemediasi pada pengaruh kompetensi pemimpin terkait karyawan pada kinerja karyawan.

Kata Kunci: Kompetensi Pemimpin, Knowledge Sharing, Kinerja Karyawan, Loyalitas Karyawan