Abstrak


Analisa Pencahayaan Alami Ruang Kerja Unit Sumber Daya Gedung Bank Indonesia Kota Surakarta Dengan Konsep Green Architecture


Oleh :
Budianto - K1509011 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pencahayaan alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya Bank Indonesia telah memenuhi konsep Green Architecture  yang ditetapkan Green Building Council Indonesia (GBCI),apakah bukaan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang ditetapkan Green Building Council Indonesia (GBCI), apakah intensitas cahaya yang masuk ke dalam Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang ditetapkan oleh Green Building Council Indonesia(GBCI).
Penelitian  ini merupakan  penelitian  kualitatif. Penelitian dilaksanakan di ruang Unit Sumber Daya Bank Indonesia kota Surakarta. Ruangan ini merupakan ruang penting di kantor Bank Indonesia, sehingga kenyamanannya sangat penting diperhatikan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah data intensitas cahaya alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Data sekunder adalah data pendukung yang digunakan untuk memperkuat data primer yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu:(1) Melakukan Pengamatan, (2) Pengukuran menggunakan  alat,dan (3) Melakukan Wawancara kepada pengguna ruang kerja Unit Sumberdaya. Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran dalam penelitian ini adalah Light meter. Light meter digunakan untuk mengukur  intensitas cahaya yang masuk ke dalam Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Teknik analisa data pada penelitian  ini menggunakan  metode Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ruang  Kerja Unit Sumber Daya
telah mendapatkan cahaya alami yang baik pada jam  kerja. Pencahayaan tersebut diperoleh melalui bidang transparan yang ada di Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Bidang transparan di ruangan ini lebih dari 70 % luas lantai yang disyaratkan oleh GBCI sehingga mampu menyuplai cahaya alami yang dibutuhkan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Ditemukan faktor-faktor lain, selain bidang transparan, faktor yang  sangat  berpengaruh pada pencahayaan alami di ruangan adalah kondisi cuaca di luar ruangan. Kondisi ini mempengaruhi  besarnya intensitas cahaya yang masuk ke ruangan.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: Sistem pencahayaan alami di Ruang Kerja Unit  Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture, Bukaan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture,  Intensitas cahaya alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang di tetapkan oleh Green Building Council Indonesia(GBCJ).

Kata Kunci :  Pencahayaan Alami, Bidang Transparan,Green Architecture,  GBCI