Abstrak


Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri I Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011


Oleh :
Fathoni Saiful Azmi - K5606031 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Perbedaan pengaruh latihan pliometrik Alternate Leg Bound dan Knee Tuck Jump terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIIl SMP Negeri I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011. (2) Perbedaan kemampuan lompat jauh gaya jongkok antara  siswa putra yang kecepatan tinggi dan siswa yang mempunyai kecepatan rendah siswa putra kelas VIII SMP Negeri I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011. (3).Pengaruh interaksi antara latihan pliometrik dan kecepatan terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas VIII SMP Negeri I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011.
Metode yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah metode eksperimen. Dasar  penggunaan metode ini adalah kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan perlakuan kepada sampel yang diakhiri dengan suatu bentuk tes guna mengetahui  pengaruh perlakuan yang telah diberikan. Populasi yang digunakan dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas VIII SMP Negeri I Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Besar sampel yang diambil sebanyak  40 siswa Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive random sampling. Teknik  analisis  data menggunakan uji anava  dua jalur.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1 ).Ada perbedaan pengaruh  yang signi:fikan antara  metode  latihan  pliometrik  alternate leg bound dan latihan pliometrik   knee tuckjump terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada putra kelas  VIII SMP Negeri I Manyaran  Kabupaten Wonogiri  tahun pelajaran 2010/2011. (2).Ada  perbedaan kemampuan lompat  jauh gaya jongkok yang signifikan antara siswa yang mempunyai kecepatan tinggi dan siswa yang mempunyai kecepatan rendah pada siswa  putra kelas VIII SMP Negeri I Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011.(3).Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara latihan pliometrik dan kecepatan terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri I Manyaran Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011.