Abstrak


Meningkatkan Hasil Belajar Headstand dengan Bantuan Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014


Oleh :
Sudarmanto - X4711177 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar headstand melalu  modifikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 dengan bantuan tutor sebaya.
Penelitian ini penggunaan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Wanayasa Kecamatan Wanayasa kelas VIII SMP Negeri I Wanayasa Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 30 anak yang terbagi atas 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi planning, acting, obsesrvating dan refleeting.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan senam headstand. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan kemampuan proses maupun nilai ketuntasan hasil  belajar. Kemampuan senam headstand pada kondisi awal (64,67), siklus I (68,30)  siklus II (73,23), sehingga peningkatan  dari kondisi awal sampai siklus II sebesar  8,56. Nilai ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal (37%) siklus I (60%), siklus II (73%), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus II (36%).
Simpulan penelitian ini adalah dengan bantuan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar senam headstand pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjamegara Tahun Pelajaran 2013/2014.

Kata Kunci : HEADSTAND, TUTOR SEBAYA, HASIL BELAJAR