Abstrak


Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Niat Penggunaan Internet pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Agribisnis di Kabupaten Sragen


Oleh :
Lusiana - H1311007 - Fak. Pertanian

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan menggunakan komputer, keuntungan relatif, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan sikap terhadap niat untuk menggunakan internet pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agribisnis di Kabupaten Sragen dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM).
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM agribisnis yang ada di Kabupaten Sragen. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan StructuralBEquation Modelling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 2.0.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan komputer berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan. Keuntungan relatif berpengaruh singnifikan terhadap persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan dan sikap. Persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat. Sikap berpengaruh signifikan terhadap niat. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan komputer tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan, selain itu keuntungan relatif tidak berpengaruh signifikan terhadap niat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum niat penggunaan internet pada UMKM agribisnis di Kabupaten Sragen dapat dijelaskan oleh Tehnology Acceptance Model.
Pada situasi dan kondisi yang berbeda, hasil penelitian pun dapat berbeda. Oleh karena itu, perlu studi lebih lanjut dan lebih luas sebingga modifikasi model ini valid dalam berbagai konteks. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi berbagai pihak yang terkait untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada demi kemajuan akademis maupun UMKM agribisnis.