Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Disertai Buku Saku Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013


Oleh :
Rikhinati Jannah - K3309071 - Fak. KIP


Penelitian ini bertujuan  untuk  meningkatkan: (1) aktivitas  siswa  pada materi  minyak  bumi  dengan  menerapkan  model  pembelajaran TPS dilengkapi buku   saku,  (2)prestasi belajar siswa pada materi minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran TPS dilengkapi buku saku.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi  dan  refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2012/2013. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket.Teknik analisis data yang  digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model  pembelajaran TPS dilengkapi  buku  saku dapat meningkatkan aktivitas siswa  kelas X-6 SMA Negeri Gondangrejo pada materi minyak bumi.Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II.Persentase siswa yang aktif pada siklus I 56,5%  dan  70,3%  pada   siklus  II. (2)Penerapan model pembelajaran TPS dilengkapi buku saku dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi minyak bumi.Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang dimaksud adalah ketuntasan belajar dan prestasi afektif siswa.Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 70,8?n pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat 87,5%. Pada aspek  afektif, siswa yang mempunyai kategori tinggi sebesar 62,5% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II.

Kata  Kunci:  Think Pair Share,Buku Saku,Minyak Bumi,Aktivitas,Prestasi Belajar