Abstrak


Perbandingan Penggunaan Energi Gasifikasi Cangkang Sawit dan Solar pada Proses Produksi Campuran Aspal Panas di Asphalt Mixing Plant (AMP)


Oleh :
Muhammad Hafiz Bagus A - I0116079 - Fak. Teknik

Penelitian ini  berlokasi di PT. Damai Citra Mandiri, Kecamatan Sekadau, Kabupaten Pontianak. Kalimantan Barat yang memilik kapasitas 800 kg/batch. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini berupa penggunaan cangkang kelapa sawit pada dryer, penggunaan solar pada dryer, suhu pada dryer, jumlah pemakaian energi pada seluruh proses produksi di mesin MP, hasil produksi, dan lama waktu produksi. Seluruh penelitian ini dilakukan dengan survei dan pengukuran di lapangan serta menggunakan data sekunder berupa Spesifikasi Alat AMP.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk memproduksi 1 ton campuran aspal pada AMP yang menggunakan gasifikasi cangkang kelapa sawit pada proses pengeringan aggregat membutuhkan energi sebesar 998,54 MJ atau setara dengan 45,29 kg cangkang kelapa sawit sawit (4,5  liter solar). Sedangkan pada AMP yang menggunakan bahan bakar solar sawit pada proses pengeringan aggregat diperlukan energi sebesar 405,5 MJ atau setara dengan 11,31 liter solar.

Kata Kunci: Penggunaan Energi. Cangkang Kelapa Sawit, Solar, AMP