Abstrak


Pemodelan Simpang Exit Toll Colomadu dengan Sistem Fixed Time Controller dan Semi Actuated Controller Menggunakan Program Simulasi PTV VISSIM


Oleh :
Naufal Tito Nurfaalih - I0116091 - Fak. Teknik

Belakangan ini, pembangunan jalan tol sedang gencar dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar daerah. Dalam pembangunan jalan tol harus memikirkan aksesibilitas jalan tol tersebut dari dan menuju jalan non tol. Penyediaan akses tersebut menciptakan persimpangan jalan hasil pertemuan antara ruas jalan tol dan jalan non tol yang selanjutnya disebut simpang exit toll. Lokasi yang ditinjau dalam penelitian ini adalah Simpang Exit Toll Colomadu yaitu simpang tiga bersinyal yang menggunakan sistem Fixed Time Controller dalam pengoperasian lampu lalu lintasnya. Simpang Exit Toll Colomadu memiliki karakteristik yang berbeda dengan persimpangan di perkotaan dimana terdapat perbedaan jumlah arus lalu lintas pada tiap ruas jalan penyusunnya. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan menganalisis kinerja Simpang Exit Toll Colomadu menggunakan sistem Fixed Time Controller dan Semi Actuated Controller menggunakan program simulasi PTV VISSIM.

Proses kalibrasi dan validasi dilakukan pada base model agar mendapatkan hasil yang akurat dan mendekati kenyataan. Pada proses kalibrasi dilakukan uji statistik Geoffrey E. Havers (GEH) terhadap arus lalu lintas di lengan-lengan simpang untuk mengetahui apakah model telah terkalibrasi. Sedangkan pada proses validasi dilakukan uji t terhadap panjang antrian maksimum tiap interval 10 menit dan uji perbedaan relatif terhadap waktu perjalanan LV untuk mengetahui apakah model telah tervalidasi.

Dari pemodelan dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem Semi Actuated Controller dengan pengaturan pergerakan fase normal tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja Simpang Exit Toll Colomadu karena di setiap waktu siklus terdapat kendaraan dari jalan minor (dari arah utara). Sistem Semi Actuated Controller dapat meningkatkan kinerja simpang apabila digunakan pada kondisi dimana dalam setiap waktu siklus tidak selalu ada kendaraan dari jalan minor.

Kata kunci: PTV VISSIM, Uji Statistik GEH, Semi Actuated Controller, Simpang
Exit Toll Colomadu