;

Abstrak


Pengembangan Modul Laboratorium Anatomi Tumbuhan Berbasis Riset untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa


Oleh :
Henta Fugarasti - S101708013 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan keefektifan produk yang dikembangkan yaitu Modul Laboratorium Anatomi Tumbuhan Berbasis Riset untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa.
Penelitian dilakukan dengan 2 tahapan, yaitu penelitian riset Laboratorium tentang struktur anatomi tanaman Indigofera sp dan dilanjutkan dengan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model ADDIE dari Branch yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Desain penelitian quasi eksperiment dengan posttest only control group design yang melibatkan 24 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan 20 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa 24 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t test dengan bantuan SPSS 23.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik Modul Laboratorium Anatomi Tumbuhan Berbasis Riset dikembangkan dari hasil riset laboratorium tentang anatomi pada tanaman Indigofera sp yang bertujuan untuk memberdayakan KPS mahasiswa. 2) Kelayakan Modul Laboratorium Anatomi Tumbuhan Berbasis Riset berdasarkan validasi ahli diperoleh hasil dengan kualifikasi layak hingga sangat layak, berdasarkan praktisi dan uji kelompok kecil diperoleh kualifikasi hasil yang layak. 3) Keefektifan Modul Laboratorium Anatomi Tumbuhan Berbasis Riset, ditunjukkan dengan hasil uji statistik dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0>Kata Kunci: Modul Laboratorium, Anatomi Tumbuhan, Berbasis Riset, Keterampilan Proses Sains