;

Abstrak


Aplikasi Logoterapi Untuk Menurunkan Nyeri dan Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara yang Mendapat Radioterapi


Oleh :
Winaryani - S571608008 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang: Kanker payudara mempunyai tingkat morbidititas dan mortalitasi tinggi dan mempunyai dampak besar terhadap beban kesehatan, ekonomi dan sosial. Gejala nyeri yang menyertai disebabkan massa kanker, metastasis atau efek pengobatan. Nyeri terus menerus menurunkan kualitas hidup. Logoterapi memiliki korelasi positif menurunkan nyeri dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi.
Tujuan: Mengaplikasikan modul logoterapi untuk menurunkan nyeri dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi.
Metode: Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus dengan memberikan intervensi logoterapi sebanyak 6 sesi terhadap 4 subjek penelitian. Pada penelitian ini diamati profil dan persepsi pasien serta penilaian tingkat nyeri dan kualitas hidup dengan menggunakan kuisioner VAS dan EORTC 30 sebelum dan sesudah intervensi logoterapi.  
Hasil: Terdapat perbaikan gejala nyeri dan kualitas hidup pada keempat subjek setelah mendapatkan intervensi logoterapi. Faktor psikologi dan persepsi subjek terhadap sakit yang dialami mempengaruhi perbaikan gejala nyeri dan kualitas hidup pada subjek penelitian kanker payudara yang mendapat radioterapi.  
Simpulan: Intervensi logoterapi dapat menurunkan gejala nyeri dan memperbaiki kualitas hidup pada subjek penelitian pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi. Modul logoterapi dalam studi ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk menurunkan nyeri pada pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi.

Kata Kunci: Nyeri, kanker payudara, radioterapi, logoterapi