;

Abstrak


Pengaruh Pemberian Sekretom Sel Punca Mesenkimal terhadap Ekspresi Anti-dsDNA pada Plasenta Mencit Bunting Model Lupus Induksi Pristan


Oleh :
Nurfadli - S581702006 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang : Lupus eritematosus sistemik (LES) merupakan penyakit autoimun yang dapat bermanifestasi pada banyak organ, salah satunya pada plasenta yang menyebabkan kelahiran preterm, berat bayi lahir rendah, preeklamsia, serta abortus spontan. Peningkatan antibodi dsDNA berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas LES. Proses endositosis anti-dsDNA melalui annexin II dapat menyebabkan inflamasi imunologis pada plasenta yang berpengaruh terhadap keberhasilan kehamilan. Sekretom sel punca mesenkimal memiliki efek anti apoptosis, antifibrosis, angiogenik, serta efek regeneratif yang diketahui dapat memperbaiki derajat keparahan LES.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sekretom sel punca mesenkimal terhadap ekspresi anti-dsDNA pada plasenta mencit bunting model lupus induksi pristan.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain post test  only control group. Subjek penelitian adalah 14 ekor mencit Balb/c yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol (K) yaitu kelompok mencit bunting yang diberi pristan tanpa diberikan sekretom sel punca mesenkimal dan kelompok perlakuan (P), yaitu kelompok mencit bunting dengan pemberian pristan dan sekretom sel punca mesenkimal. Tiap kelompok dilakukan pembacaan ekspresi anti-dsDNA jaringan plasenta dengan metode imunohistokimia yang pengukurannya menggunakan indeks skala Remelle (immuno reactive score) yang kemudian akan dibandingkan dan dianalisa secara statistik menggunakan uji t independen atau uji Mann-Whitney apabila data tidak terdistribusi normal. Hasil uji dinyatakan signifikan secara statistik apabila nilai p<0>

Hasil : Ekspresi anti-dsDNA pada jaringan plasenta kelompok mencit bunting yang diinduksi pristan (K) sebesar 3,957 ± 3,150 dan kelompok mencit bunting yang diinduksi pristan dan pemberian sekretom sel punca mesenkimal (P) adalah 3,357 ± 0,492. Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p=0,045 yang menunjukkan perbedaan bermakna secara statistik.

Kesimpulan : Sekretom sel punca mesenkimal berpengaruh terhadap penurunan ekspresi anti-dsDNA plasenta mencit bunting model lupus induksi pristan.

Kata Kunci : Sekretom sel punca mesenkimal, anti-dsDNA plasenta, lupus eritematosus sistemik