;

Abstrak


Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Penguasaan Konsep Peserta Didik SMP


Oleh :
Alfiani Indah Pratiwi - S831802002 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IPA model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kreativitas dan penguasaan konsep pada topik pencemaran lingkungan, 2) menguji kelayakan pembelajaran IPA model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM, 3) menguji keefektifan pembelajaran IPA model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kreativitas dan penguasaan konsep pada topik pencemaran lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment. Desain pada penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII disalah satu SMP Negeri di Surakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 44 peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen (22 peserta didik) dan kelas VII H sebagai kelas kontrol (22 peserta didik). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kreativitas yang terdiri dari soal uraian dan penguasaan konsep yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda pokok bahasan pencemaran lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji t.

Hasil Penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran IPA model PjBL dengan pendekatan STEM dapat dikembangkan dengan baik. Karakteristik perangkat hasil pengembangan yaitu adanya perpaduan setiap langkah pembelajaran dengan aspek dalam pendekatan STEM. Hasil uji kelayakan perangkat juga menunjukkan layak digunakan dan diterapkan disekolah. Hasil uji keefektifan produk menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kreativitas dan penguasaan konsep  peserta didik. Hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,21 dengan kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep antara kelas eksperimen yang menggunakan perangkat pembelajaran IPA model PjBL dengan pendekatan STEM dengan kelas tanpa menggunakan perangkat tersebut.

Kata Kunci: Project Based Learning, Pendekatan STEM, Kreativitas, Penguasaan
Konsep