Abstrak


Meningkatkan Keterampilan Melipat Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK IT Sabilillah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Prima Setyaningsih - X8110037 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan melipat anak melalui metode demonstrasi di TK IT Sabilillah Sukoharjo dan mengetahui pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan melipat di TK IT Sabilillah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah anak kelompok B TK IT Sabilillah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Sejumlah 18 anak yang terdiri dari 6 anak putra dan 12 anak putri, serta guru kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan melipat  sederhana (3-4 lipatan). Sebelum dilaksanakan tindakan nilai ketuntasan keterampilan melipat kelompok B sebesar 11 % kemudian pada siklus I 56% menjadi 95% pada siklus II yang mendapatkan nilai tuntas (•) pada keterampilan melipat. Dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 56% Pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 95% yang mendapatkan nilai tuntas (•)  pada kegiatan keterampilan melipat.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan melipat pada anak kelompok B di TK IT Sabilillah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.

KATA KUNCI: KETERAMPILAN MELIPAT, METODE DEMONSTRASI.