Abstrak


Peningkatan Pemahaman Peran Para Tokoh Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Teknik Kancing Gemerincing Siswa Kelas V SD Negeri Somomorodukuh 1 Plupuh Sragen Tahun 2012


Oleh :
Septia Umun Kulsum Latyfah - X7110037 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peran para tokoh persiapan kemerdekaan Indonesia melalui teknik kancing gemerincing pada Siswa kelas V SD Negeri Somomorodukuh I Plupuh Sragen Tahun 2012".
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan retleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Somomorodukuh 1. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dokumen, tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (I) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa. Pada tes awal 49,88; kemudian pada tes siklus pertama 62, 16; dan  siklus  kedua  menjadi  72,46  (2) Adanya  peningkatan  prosentase  ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 25 %; dan pada tes siklus pertama 75 %; pada siklus kedua menjadi 85 %.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman peran para tokoh persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Somomorodukuh l Plupuh Sragen Tahun 2012.

KATA KUNCI:    TEKNIK KANCING GEMERINCING, PEMAHAMAN PERAN TOKOH-TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA.