Abstrak


Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Materi Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN I Giriwono Kec. Wonogiri Tahun Ajaran2010/2011


Oleh :
Sarwindah Tri Yuliani - X7109097 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dalam materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN I Giriwono Kec. Wonogiri Tahun Ajaran 2010 / 2011. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan keterampilan proses. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SDN I Giriwono Kec. Wonogiri Tahun Ajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai 3 buah komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan, bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan nilai aktivitas belajar siswa, yaitu bemilai rata-rata 3,0 atau dengan kata lain 75% siswa telah aktif dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II ada peningkatan dibandingkan dengan siklus I, yaitu dari 3,0 menjadi 3,1 atau 77,5 % siswa telah aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN I Giriwono Kec. Wonogiri Tahun Ajaran 20lO / 20ll.