Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Permainan Kasti Melempar Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013


Oleh :
Heru Permadi - X4711330 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar permainan kasti melempar melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 melalui pendekatan bermain pada pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pelutan Kecamatan Pemalang,  Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 35 orang yang terbagi atas 13 siswa putra dan 22 siswa putri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran kemampuan  melakukan gerak dasar permainan kasti dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada peningkatan kuantitatif. Prosedur penelitian ini rneliputi planning, acting, observasi dan reflecting.
Berdasarkan hasil penelitian pendekatan bermain pada pembelajaran dapat meningkatkan  hasil belajar anak untuk lebih semangat mengikuti pembelajaran, khususnya gerak dasar permainan kasti pada siswa Kelas IV SD Negeri 06 Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Dari hasil analisa didapat bahwa komponen penilaian dalam permainan kasti yaitu tingkat kepuasan, kemampuan gerak dasar dan tingkat keaktifan dari kondisi  awal, sildus I sampai II siswa mengalami peningkatan masing-masing untuk tingkat kepuasan (77.14%), Kemampuan gerak dasar melempar (68.57%), menangkap (57.14%), memukul (62.86%) dan tingkat keaktifan (60%). 

KATA KUNCI: TEKNIK DASAR, PERMAINAN KASTI