Abstrak


Penerapan Value Engineering Pada Struktur Perkerasan Jalan Raya (Studi Kasus: Proyek Peningkatan Jalan Prof Soeharso Kota Surakarta) Implementation Of Value Engineering In Road Pavement Structure (Case Study : Improvement Project Of Prof Soeharso Road Surakarta City)


Oleh :
Indria Febriana - I 0116053 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Indria Febriana, 2020. Penerapan Value Engineering Pada Struktur Perkerasan Jalan Raya (Studi Kasus: Proyek Peningkatan Jalan Prof Soeharso Kota Surakarta). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. 
Konstruksi di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat namun belum efisien karena masih sedikitnya inovasi dalam hal penggunaan bahan material, metode konstruksi dan lainnya. Oleh karena itu dilakukan analisis value engineering pada Proyek Peningkatan Jalan Prof Soeharso, Kota Surakarta. Value engineering adalah suatu teknik untuk mengendalikan biaya proyek dengan tetap mempertahankan tingkat kualitas.
Dalam penelitian ini digunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen yang berpotensi dapat dihemat dengan menggunakan metode value engineering serta membandingkan biaya proyek yang direncanakan sebelum dan sesudah menerapkan analisa value engineering pada Proyek Peningkatan Jalan Prof. Soeharso, Kota Surakarta dengan pengambilan keputusan menggunakan metode paired comparison. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari PT. Indo Surya Const sebagai kontraktor berupa rencana anggaran biaya dan desain struktur, sedangkan data sekunder diperoleh dari DPU Bina Marga Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah berupa data lalu lintas Kota Surakarta dan peraturan dari Manual Perkerasan Jalan 2017.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggantian perkerasan aspal konvensional dengan ketebalan 4 cm menjadi perkerasan aspal modifikasi polimer 6% SBS dengan ketebalan 3 cm (minimum) pada lapis aus AC-WC (gradasi halus/kasar) adalah terbukti aman dengan perhitungan kekuatan struktur. Kemudian melalui alternatif tersebut diperoleh cost saving sebesar Rp. 6.313.251,61 atau sebesar 0,26?ri biaya total proyek awal.
Kata Kunci: Value Engineering, Data, Cost Saving