Abstrak


Kajian Kuat Tarik Langsung Beton Memadat Sendiri dengan Kadar Fly Ash 50% The Study of Direct Tensile Strength on Self Compacting Concrete with 50% Fly Ash Content


Oleh :
Kevin Ferdinand Pratama Nim - I0116062 - Fak. Teknik

ABSTRAK

 

Kevin Ferdinand Pratama, 2020, Kajian Kuat Tarik Langsung Beton Memadat Sendiri dengan Kadar Fly Ash 50%, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Inovasi dunia konstruksi terus mengalami perkembangan. Salah satu inovasi yang muncul pada saat ini adalah pengembangan beton memadat sendiri (Self Compacting Concrete). Self-Compacting Concrete (SCC) merupakan inovasi untuk mengatasi permasalahan pengecoran dan pemadatan yang terjadi di lapangan. SCC mampu mengalir melalui tulangan yang kompleks dan rapat serta memenuhi ruangan atau cetakan tanpa bantuan alat penggetar mekanik. Konsep SCC ini dipadukan dengan konsep High Volume Fly Ash, yaitu penggunaan fly ash dalam jumlah lebih besar dari 50 %. Fly ash merupakan partikel halus yang terbuat dari sisa-sisa pembakaran batu bara, yang dimanfaatkan untuk mengganti penggunaan semen pada pembuatan beton.

 

Pada penelitian ini akan menganalisis kuat tarik langsung pada beton High Volume Fly Ash – Self Compacting Concrete dengan kadar fly ash 50?rdimensi 10 x 10 x 25 cm dengan coakan berbentuk segitiga ditengah bentang dengan dimensi alas 2 cm dan tinggi 1,5 cm yang berfungsi sebagai area yang diharapkan gagal. Pengujian kuat tarik dilakukan secara uniaxial dengan metode load controlled test. Dari hasil pengujian akan menghasilkan grafik load – displacement yang kemudian akan dianalisis hubungan tegangan – regangan, energi fraktur elastik linear, dan modulus elastisitas.

 

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai load maksimum dari beton HVFA – SCC kadar 50% sebesar 24.500 N. Nilai displacement maksimum beton HVFA – SCC kadar 50% sebesar 0,0140 mm. Nilai tegangan puncak dari HVFA-SCC kadar 50% sebesar 3,5 MPa. Regangan maksimum dari HVFA-SCC kadar 50% sebesar 0,00140. Nilai energi fraktur elastik linear dari HVFA – SCC kadar 50% sebesar 1020,41 N/m. dan Nilai modulus elastisitas (Ec) dari HVFA – SCC kadar 50% nilainya sebesar 2500 MPa

Kata kunci: HVFA-SCC, Fly Ash, Kuat Tarik Langsung, Self-Compacting Concrete