Abstrak


Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemapuan Menggambar Bentuk Benda Silindris Pada Siswa Kelas VII F SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2011/2012


Oleh :
Khairuddin Prasetya - K3205021 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk benda silindris pada siswa kelas VII F SMP N 2 Delanggu Tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penerima adalah siswa kelas VII F SMP N 2 Delanggu tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 (dua puluh lima) siswa. Subyek pelaksana tindakan kelas adalah peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran seni budaya dan keterampilan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan April 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kajian dokumen, dan pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan menggambar bentuk benda silindris pada siswa kelas VII F SMP N 2 Delanggu. Pada siklus I siswa yang memenuhi indikator ketercapaian 70% sebesar 56?n pada siklus Il meningkat menjadi 76 %.
Dari hasil tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata pelajaran seni budaya dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk benda silindris pada siswa kelas VII F SMP N 2 Delanggu tahun ajaran 2011/2012.

Kata Kunci: metode drill (latihan), menggambar, benda silindris.