Abstrak


Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kuantum Tipe Peta Pikiran dengan Media Flash Card untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012


Oleh :
Mahda Isdiniar Pramudiani - K7408013 - Fak. KIP

Tujuan yang hendak diinginkan dalam penelitian ini yaitu menerapkan pendekatan pembelajaran kuantum tipe peta pikiran dengan media flash card untuk meningkatkan partisipasi clan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA negeri 1  Kartasura tahun ajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action  Research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; clan (4) refleksi tindakan. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, siklus pertama selama 7 x 45 menit clan siklus kedua 7 x 45 menit. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1
Kartasura yang terdiri dari 38 siswa dengan komposisi 16 siswa laki-laki clan 22 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran akuntansi dengan pendekatan pembelajaran kuantum tipe peta pikiran dengan media flash card Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi clan tes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kuantum tipe peta pikiran dengan media flash card dapat meningkatkan partisipasi clan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi belajar mengalami peningkatan dari siklus Ike siklus Il. Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa partisipasi belajar siswa mengalami kenaikan 16,65% yang mulanya hanya 67,36% menjadi 84,01%, (2) prestasi belajar akuntansi menunjukkan bahwa terdapat kenaikan sebesar 7,890/o dari 78,95% pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus Il, (3) Kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran kuantum tipe peta pikiran dengan media flash card mengalami kenaikan sebesar 11,54% yang mulanya sebesar 78,70% pada siklus I menjadi 90,04% pada siklus II. Dari ketiga indikator diatas membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kuantum tipe peta pikiran dengan media flash card pada pelajaran akuntansi telah mencapai basil yang diharapkan dalam penelitian ini, dimana masing-masing telah mencapai indikator ketercapaian sebesar 80%.
Kata kunci: pendekatan pembelajaran kuantum, tipe pembelajaran peta pikiran, media flash card, partisipasi, prestasi, akuntansi.