Abstrak


Peningkatan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stadp Ada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kemasan Polokartosukoharjo


Oleh :
Dhanu Brata Hermawan - K7108116 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar pemahaman konsep   kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe ST AD pada siswa Kelas V SD Negeri  O1 Kemasan, Polokarto,Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 01 Kemasan, Polokarto, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 berjumlah 34 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan basil penelitian, diperoleh data pada prasiklus ketuntasan klasikal yaitu 44,12%?ngan nilai rata-rata 64,41. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 73,53%?ngan rata-rata kelas yang dicapai 73,31. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 91,18?ngan nilai rata- rata kelas 79,56. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Kemasan, Polokarto, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata   Kunci:   Pemahaman  Konsep  Persrapan  Kemerdekaan  Indonesia,  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad