Abstrak


Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas II SDN Bendo 2 Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen


Oleh :
Srimulyani - X7111529 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berblcara dengan menggunakan media gambar seri pada siswa II SDN Bendo 2 tahun pelajaran 2011/2012 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri  dari 2 kali pertemuan.  Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi  dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas II SD Negeri Bendo 2 Sragen yang berjumlah 16 slswa. Teknlk pengumpulan  data yang digunakan adalah observasi, kajian  dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan basil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus  tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara  siswa kelas II SD Negeri bendo 2 Sragen tahun   pelajaran 2011/2012. dibuktikan dengan adanya peningkatnya  nilai pada setiap siklus yaitu; sebelum  tindakan (pra siklus) nilai rata-rata siswa 50 dengan ketuntasan (31,25%),  siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 61 dengan ketuntasan  (58%),  dan  siklus  II  nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 85 dengan ketuntasan (100%).

Kata Kunci:  Bicara, Media gambar seri, Sekolah dasar