Abstrak


Kajian Kuat Lekat Beton Pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri Dengan Metakaolin 12,5?n Variasi Fly Ash The Study Of Bond Strength On High Strength Self Compacting Concrete With Metakaolin 12,5% And Fly Ash Variation


Oleh :
Nuri Wijayanto - I0116095 - Fak. Teknik

ABSTRAK
Nuri Wijayanto, Wibowo, Sunarmasto, 2020. Kajian Kuat Kuat Lekat pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri dengan Metakaolin 12,5?n Variasi Fly Ash.
Skripsi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Perkembangan teknologi yang pesat dalam bidang teknologi kontruksi membutuhkan suatu jenis beton yang memiliki kualitas tinggi dan mudah dalam pelaksanaan pekerjaan. Beton memiliki kuat tarik yang rendah, maka harus ditambah dengan baja tulangan untuk menahan gaya tarik. Agar dapat bekerja secara sinergis beton harus memiliki kuat lekat beton dengan tulangan yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan metakaolin dan variasi fly ash terhadap parameter SCC dan kuat lekat beton HSSCC. 
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Benda uji dalam penelitian ini berbentuk silinder dengan diameter15 cm dan tinggi 27 cm serta tulangan ulir D10. Pengujian kuat lekat beton dilakukan dengan cara menarik baja tulangan kemudian mencatat gaya yang dibutukhan menggunakan universal testing machine yang diuji pada umur 28 hari. 
Pada penelitian ini penambahan kadar fly ash menigkatkan workabilitas  dan memberikan hasil yang baik terhadap parameter SCC sehingga memenuhi syarat beton memadat mandiri berdasarkan EFNARC 2005.  Penambahan metakaolin dan variasi kadar fly ash berpengaruh terhadap kuat lekat beton. Penambahan kadar fly ash 7,5% ; 12,5% ; 17,5% mengalami peningkatan dengan nilai berturut-turut 1,14 MPa, 1,28 MPa, dan 0,81 MPa dari beton dengan fly ash 0?ngan nilai 0,76 MPa. Peningkatan kuat lekat beton seiring dengan peningkatan mutu beton. 
Kata Kunci: beton mutu tinggi memadat mandiri, fly ash, kuat lekat, metakaolin, workabilitas.