Abstrak


Identifikasi Konten Berpikir Kritis pada Perangkat Pembelajaran Guru IPA SMP Kelas VIII pada Materi Tekanan Zat


Oleh :
Nurhayati Eka Saputri - K4516051 - Fak. KIP

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi indikator berpikir kritis pada perangkat pembelajaran guru IPA SMP kelas VIII di kecamatan Jumantono pada materi tekanan zat. Sampel guru diambil dari 3 Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Jumantono dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Data didapatkan dengan mencocokkan indikator berpikir kritis yang tercantum dalam dokumen berupa dokumen RPP, media pembelajaran, dan soal evaluasi dengan indikator berpikir kritis Ennis, selain itu pengambilan data juga dilakukan dengan teknik wawancara untuk mengetahui informasi proses penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru.
Uji validitas data dilakukan dengan  uji kredibilitas melalui kesepakatan informan (member check), sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan uji dependability yaitu dengan melakukan audit pada seluruh proses penelitian. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan analisis data Model Miles Huberman. Analisis data didefinisikan dengan terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru IPA di Jumantono pada materi tekanan zat kelas VIII sudah terdapat konten berpikir kritis. Masing-masing indikator berpikir kritis sudah terwakilkan dalam perangkat pembelajaran dalam RPP, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan kategori kurang dengan presentase kemunculan konten berpikir kritis masing-masing yaitu 44,7%, 36,8?n 45,9%.


Kata kunci : Indikator berpikir kritis, perangkat pembelajaran, kurikulum 2013