Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Lembing Gaya Langkah Jingkat dengan Menggunakan Mediaroket pada Peserta Didik Kelas XI AKT SMK Negeri 1 Musuk Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Astin Nuriyah Ikhsanti - K4617025 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar lembing gaya langkah jingkat pada peserta didik kelas XI AKT SMK Negeri 1 Musuk dengan menerapkan alat modifikasi roket.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, plaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI AKT SMK Negeri 1 Musuk Kabupaten Boyolali yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase.
Hasil belajar lempar lembing gaya langkah jingkat peserta didik pada siklus I dari 36 peserta didik mencapai 58,34% atau sebanyak 21 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 77,74% atau 28 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas, sedangkan 8 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui modifikasi alat pembelajaran dengan roket dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing gaya jingkat pada peserta didik kelas XI AKT SMK Negeri 1 Musuk Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata kunci: Hasil belajar lempar lembing, roket, modifikasi pembelajaran.