Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN Demakan 03 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011


Oleh :
Ary Estriawati - X7107011 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions pada   siswa kelas IV SDN Demakan 03 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Demakan 03 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah informasi data yaitu siswa  dan guru kelas IV, dokumen, dan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan   triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN Demakan 03 Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan menulis  karangan yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes awal sebelum  tindakan  (pra siklus) yaitu 58,47 dengan ketuntasan klasikal 31,57%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 64,63 dengan ketuntasan klasikal meningkat 57,89%. Tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,89 dengan ketuntasan klasikal meningkat 84,21%.