Abstrak


Perancangan Clutch dengan Teknik Crochet


Oleh :
Angelica Kumala - C0916011 - Fak. Seni Rupa dan Desain

Latar belakang perancangan produk ini adalah melihat adanya potensi perancanagan tas merenda menjadi pengengkap busana menggunakan pengembangan teknik dasar. Mengingat bahwa tas merenda masih belum banyak di kenal banyak orang. Perancangan ini menggunakan pengembangan teknik rajut yang di kombinasikan dengan kulit untuk memberikan kesan unik.

Metode yang digunakan yaitu metode desain dengan tiga tahapan yakni metode perancangan, konsep perancangan, dan visualisaai. Metode perancangan melalui tahapan Analisa permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, sumber data, uji coba, dan gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi dasar pemikiran dalam perancangan tugas akhir. Visualisasi merupakan proses perwujudan yang meliputi teknik, bahan dan proses.

Permasalahan pada perancangan ini adalah bagaimana pengembangan teknik dasar merenda dan perncangan clutch dengan teknik merenda untuk remaja sampai dewasa.  Tahap  perwujdudan pada perancangan ini adalah  mengacu  pada prinsip- prinsip seni rupa serta aspek yaitu material, teknik, fungsi dan ergonomis sehingga menghasilkan produk pelengkap busana yang estetik dengan nilai jual tinggi. Hasil perancangan ini adalah clutch dengan pengembangan teknik dasar merenda.

 

Kata kunci : Merenda, Pengembangan Teknik, Clutch,Teknik Dasar, Crochet