Abstrak


Penerapan Model Scientific Reading Based Project (SRBP) Dalam Peningkatan Kerja Sama dan Hasil Belajar IPA Tentang Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SDN Kemiri Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Ellie Syafitri - K7116051 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Scientific Reading Based Project, (2) meningkatkan kerja sama siswa, dan (3) meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD N Kemiri tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan trangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajia data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Scientific Reading Based Project dalam peningkatan kerja sama dan hasil belajar IPA dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientation, (b) scientific reading, (c) design and create, (d) progress of project, (e) analysis, dan (f) discussion and communication, (2) penerapan model Scientific Reading Based Project dapat meningkatkan kerja sama siswa siswa hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata hasil observasi kerja sama siswa pada siklus I yaitu 78?n siklus II yaitu 86%. Peningkatan kerja sama dari siklus I ke siklus II yaitu siswa dapat menyampaikan pendapat dengan percaya diri, siswa membantu teman yang sedang kesulitan (ringan tangan), dan siswa dapat mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang mengganggu jalannya proses diskusi dan kerja sama, dan (3) penerapan model Scientific Reading Based Project dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata ketuntasan siswa siklus I yaitu 70% menjadi 84% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu siswa dapat menguasai materi perpindahan panas dan siswa dapat menyelesikan soal kognitif jenjang C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (penerapan) dan C4 (analisis).
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Scientific Reading Based Project dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar IPA tentang panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SD N Kemiri tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : SRBP, kerja sama, hasil belajar