;

Abstrak


Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Ceramah Disertai Game Online Terhadap Pengetahuan Gizi dan Pemilihan Makanan Sehat pada Remaja Overweight


Oleh :
Khairunnisa Nadya Risti - S531808024 - Pascasarjana

Latar Belakang: Overweight pada remaja bisa terjadi akibat dari pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan tinggi kalori (tinggi gula, gram dan lemak) dan rendah serat, serta kurangnya aktivitas fisik. Penyebab lain dari permasalahan gizi pada remaja, yaitu masalah overweight dapat juga dikarenakan minimnya pengetahuan akan gizi yang kemudian dapat menyebabkan kesalahan dalam memilih makanan. Selain itu, masuknya era digital yang sangat cepat dalam dunia remaja, menyebabkan para remaja kerap kali menyerap informasi gizi dari internet yang tidak didasari riset. Edukasi gizi merupakan pendekatan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja terhadap gizi. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi melalui ceramah disertai game online terhadap pengetahuan gizi serta analisis hubungan pengetahuan gizi terhadap pemilihan makanan sehat pada remaja overweight.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan pre-post test with control group design untuk menganalisis efektifitas pengaruh edukasi gizi. Penelitian ini dilakukan pada 64 remaja berusia 15-17 tahun di dua Sekolah Menengah Atas di Kota Surakarta. Sebanyak 64 subjek penelitian dibagi ke dalam kelompok intervensi (pendidikan gizi melalui ceramah disertai game online) dan kelompok kontrol (pendidikan gizi melalui ceramah online). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk uji beda antar kelompok berpasangan dan Uji Rank Spearman untuk uji hubungan.
Hasil: Pendidikan gizi melalui ceramah disertai game online dapat meningkatkan rata-rata nilai pengetahuan gizi sebanyak 34,76 dan menunjukan hasil perubahan yang signifikan antara pre dan posttest dengan nilai p=0,000. Pendidikan gizi melalui ceramah online dapat meningkatkan rata-rata nilai pengetahuan gizi sebanyak 8,82 dan menunjukan hasil perubahan yang signifikan antara pre dan posttest dengan nilai p=0,010. Ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan pemilihan makanan sehat dengan p value 0,017 dan nilai r = 0,297.
Kesimpulan: Pendidikan gizi melalui ceramah disertai game online serta ceramah online sebanyak 4x dalam 4 pekan dapat meningkatkan pengetahuan gizi. Pengetahuan gizi yang baik berhubungan dengan pemilihan makanan yang lebih sehat pada remaja overweight.

Kata Kunci: Edukasi gizi, pengetahuan gizi, pemilihan makanan sehat, remaja, Overweight.