Abstrak


Meningktakan Minat dan Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Alat Bantu Ban dan Kardus Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pengandekan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Sudaryo - X4710122 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajr lompat jauh gaya jongkok melalui alat bantu ban dan kardus siswa kelas V SD Negeri 1 Pengandekan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga yang ditandai sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan hasil tes untuk kerja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (classroom Action Research), pertemuan dalam penelitian ini berjumlah 4 kali dan setiap pertemuan menunjukkan tahapan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan materi Lompat jauh gaya jongkok. Subyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Pangandekan kelas V semester dua tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adlaah lembar pengamatan, angket, dan tes unjuk kerja siswa.
Data observasi didapat dari observasi yang mengamati jalannya proses pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui perkembangan sikap siswa, keadaan alat dan fasilitas yang digunakan, data angket didapat dari jawaban siswa pada lembar angket yang diguakan untuk mengethaui pendapat isswa terhadap pembelajaran lompat jauh melalui alat bantu ban dan kardus, dan data tes unjuk kerja didapat dari pencatatan hasil lompatan yang digunakan untuk mengetahui perkembangan ketrampilan gerak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat bantu ban dan kardus dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan semangat siswa, antusias siswa, dan meningkatkan pembelajaran siswa.