Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Kanan dalam Permainan Bola Basket Melalui Penggunaan Metode Bagian Keseluruhan pada Siswa Kelas X KI B SMK Negeri 2 Sukoharjo


Oleh :
Indra Tri Ariyadi Suseno - K4610047 - Fak. KIP

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot kanan bola basket pada siswa kelas X KI B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014, melalui penggunaan metode pembelajaran bagian-keseluruhan.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X KI B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013I2014 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 2 siswa putra dan 32 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes lay up  shoot  kanan bola basket dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran bagian-keseluruhan dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot kanan dalam permainan bola basket dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus IL Proses pembelajaran pra siklus bersifat konvensional sehingga hasil belajar lay up shoot kanan siswa hanya menunjukkan ketuntasan sebesar 26,47% (9 siswa). Pada siklus I diterapkan pembelajaran dengan metode pembelajaran bagian-keseluruhan sehingga terjadi peningkatan terhadap hasil belajar lay up shoot kanan bola basket siswa walaupun belum optimal yaitu sebesar 61,76% (21 siswa). Pelaksanaan siklus II yang merupakan upaya perbaikan  dari  siklus  I menciptakan  proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar lay up shoot kanan bolabasket siswa yaitu sebesar 82,35% (28 siswa). Sehingga terjadi peningkatan prosentase dari pra siklus ke siklus I sebanyak 40, 29%, dan siklus I sampai siklus II sebanyak 20, 69%. Dengan total prosentase peningkatan sebanyak 60, 98%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran bagian-keseluruhan  dapat meningkatkan hasil belajar   lay up shoot kanan bola basket pada siswa kelas X KI B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013I2014.

Kata  Kunci  :   Hasil Belajar, Lay Up Shoot Kanan Bola Basket, Metode Pembelajaran, Bagian-Keseluruhan.