Abstrak


Analisis Kinerja Karyawan Bagian Produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta


Oleh :
Indah Trisnawati - K7408101 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kinerja karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Textile Indah Printing Surakarta; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Textile Indah Printing Surakarta; (3) Mengetahui usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan bagian produksi di PT. lskandar Textile Indah Printing Surakarta.

Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dengan strategi tunggal terpancang. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, lokasi dan dokumen,Validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa: (1)  Kinerja karyawan bagian produksi ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. (2) Faktor-faktor yang mendukung kinerja karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile adalah: (a) Adanya motivasi dan pengarahan secara terus menerus dari pengawas kepada karyawan; (b) Pemberian penghargaan kepada karyawan yang memiliki kinerja baik. (3) Faktor-faktor yang menghambat kinerja karyawan bagian produksi di PT. lskandar Indah Printing Textile Surakarta adalah: (a) Pelaksanaan aturan kerja yang belum tegas;  (b) Pengawas kurang tegas;  (c) Mesin yang sudah tua; (d) Bahan baku kurang berkualitas, (e) Kepribadian karyawan yang kurang bagus. (4) Usaha yang ditempuh untuk pengembangan kinerja karyawan bagian produksi di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta adalah: (a) Motivasi secara terus menerus; (b) Peningkatan kesejahteraan; (c) Pengarahan secara langsung.

Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Bagian Produksi