Abstrak


Pengaruh Politik Organisasi Pada Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Mediasi (Studi di Lingkungan Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Pati)


Oleh :
Sutrisno - S4110019 - Pascasarjana

Penelitian  ini menggunakan metode non eksperiment dengan jenis  penelitian survey. Desain penelitian adalah konfirmatori yaitu penelitian yang bertujuan mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pati berjumlah 153 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 120.  Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Analisis  data  untuk  menguji  hipotesis  menggunakan Structural  Equation Modelling (SEM), dengan bantuan perangkat lunak LISREL.

Hasil analisis  data menunjukkan (l) politik organisasi berpengaruh negatif pada kinerja pegawai, (2) politik  organisasi  berpengaruh  negatif  pada  komitmen  pegawai, (3) komitmen  pegawai  herpengaruh  positif  pada  kinerja  pegawai, dan (4) komitmen pegawai memediasi pengaruh politik organisasi pada kinerja pegawai.