Abstrak


Komunikasi Guru terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Komunikasi Guru terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Menciptakan Rasa Percaya Diri dan Kemandirian Siswa di SLB N 1 Gunungkidul)


Oleh :
Midita Helida Intan Puspita - D1218029 - Fak. ISIP

Pendidikan merupakan proses pembentukan karakter serta menimba ilmu yang berlangsung dari anak-anak sampai dewasa. Komunikasi antara guru dengan siswa sangat diperlukan, mengingat saat ini siswa berkebutuhan khusus masih kurang mendapat perhatian maksimal dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi guru terhadap siswa berkebutuhan khusus dalam menciptakan rasa percaya diri dan membentuk kemandirian siswa.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori A.W Suranto yakni untuk mengetahui proses komunikasi dalam perencanaan komunikasi diawali dengan keinginan berkomunikasi, encoding oleh komunikator, pengiriman pesan, penerimaan pesan, decoding, dan umpan balik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta mengumpulkan dokumen atau arsip yang dapat memberikan informasi lebih valid. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, komunikasi guru dengan siswa berkebutuhan khusus dalam menciptakan rasa percaya diri serta kemandirian akan lebih efektif apabila guru memaksimalkan pada proses pengiriman pesan. Pada proses ini, guru sebagai komunikator akan memilih saluran atau media komunikasi yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci : Komunikasi, Siswa Berkebutuhan Khusus, Percaya Diri, Kemandirian Siswa.