Abstrak


Nilai -- Nilai Kepahlawanan dalam Film "Gundala" (Analisis Isi Kualitatif Film "Gundala" Karya Sutradara Joko Anwar)


Oleh :
Rika Fitri Annafi' - D1218038 - Fak. ISIP

Manusia dengan jiwa kepahlawanan di era sekarang semakin sulit ditemukan. Perkembangan   zaman  yang  semakin  modem  memiliki  pengaruh terhadap sikap individualis manusia yang juga semakin meningkat. Maka dari itu, nilai nilai kepahlawanan penting untuk diteladani agar dapat menjadi  makhluk sosial yang lebih baik. Salah satu cara untuk menyampaikan nilai nilai kepahlawanan  adalah  melalui  film. Film   merupakan  sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan  pesan berupa representasi  dari fenomena  yang terjadi di kehidupan masyarakat kepada khalayak.

Objek pada penelitian ini adalah Film Gundala yang merupakan karya Sutradara  Joko   Anwar. Penelitian ini  dilaksanakan   dengan   tujuan   untuk mengetahui bagaimana nilai  nilai kepahlawanan  direpresentasikan  melalui film Gundala  berdasarkan  teori Franco, Blau,  dan  Zimbardo  tentang 12  sub-tipe heroisme dan resiko yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dengan sumber data berupa buku, jumal  atau artikel, internet,  dan  lain  sebagainya.  Melalui pemilihan scene  yang  memuat  unsur heroisme, peneliti  kemudian melakukan  analisis scenyang termasuk ke dalam nilai nilai kepahlawanan, seperti keberanian, pantang menyerah, rela berkorban, percaya diri, mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang tinggi, toleransi, dan kesetiakawanan sosial.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah representasi dari nilai nilai kepahlawanan yang menonjol antara lain keberanian, pantang menyerah, rela berkorban, dan kesetiakawanan sosial. Dengan adanya penelitian  ini diharapkan dapat  menjadi   pembelajaran   bagi pembaca  untuk  meneladani  nilai  - nilai kepahlawanan yang terkandung dalam film Gundala.

Kata Kunci: Komunikasi Massa, Film, Representasi, Kepahlawanan.