Abstrak


Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020


Oleh :
Rizqiyah Nur’azizah - K3316060 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan : (1) hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa; (2) hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; dan (3) hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 178 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebanyak 36 siswa yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes soal pilihan ganda kemampuan berpikir kritis, tes soal pilihan ganda materi larutan penyangga dan pengisian angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi Pearson Product Moment, korelasi ganda dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terbukti hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,871; (2) terbukti hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,884; dan (3) terbukti hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,919. Hasil uji regresi ganda diperoleh persamaan : Y = 10,416 + 0,423 X1 + 0,487 X2 dan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,845 atau 84,5 %.

Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar siswa, prestasi belajar