Abstrak


Peningkatan Kemampuan Lempar Melalui Penerapan Bermain Lempar Bola Berekor Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Mendelem, Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011


Oleh :
Dwi Sujiparjono - X4709032 - Fak. KIP

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kualitas dan sikap siswa, serta perilaku  siswa dalam  pembelajaran  lempar. Memberikan motivasi siswa melalui pendekatan pembelajaran dengan penerapan bermain sehingga siswa lebih berminat, senang, dan memahami aktifitas lempar sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Penelitian ini menggunakan metode action research (tindakan kelas). Adapun populasi yang digunakan adalah seluruh  siswa kelas III SD Negeri 01 Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu mengikut  sertakan seluruh individu yang ada di dalam populasi. Jadi jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 30 siswa  Terdiri dari 14 siswa putra, dan 16 siswa putri.
Data hasil penelitian ini berupa basil belajar siswa mengenai kemampuan siswa dalam pembelajaran lempar dalam setiap kondisi yaitu kondisi awal, pembelajaran pada siklus 1, dan pembelajaran pada siklus ke 2. Hasil  belajar siswa berbentuk score total yang diperoleh siswa dalam penilaian dari setiap komponen pembelajaran lempar. Penilaian diperoleh melalui  lembar observasi yang di isi I dinilai oleh peneliti berdasarkan sikap hasil belajar yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari  hasil analisis yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan  nilai rata-rata kemampuan gerak senam ritmik siswa maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata kemampuan gerak senam ritmik pada rata-rata kondisi awal (68.87), rata-rata siklus 1 (73.90) dan rata-rata siklus 2 (80.7), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke  siklus 2 sebesar (11.83). Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran  senam ritmik siswa kelas III SD Negeri O1 Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 juga dapat dilihat dari   ketentuan nilai ketuntasan minimal/KKM (70.00) adalah Nilai rata-rata kondisi awal siswa hanya 15 siswa dari 30 siswa yang memiliki nilai di  atas KKM (70.00) atau tuntas sebesar (50.00%). Nilai rata-rata peningkatan hasil penbelajaran dari kondisi awal siswa dengan pembelajaran pada siklus I sebanyak 20 siswa dari 30 siswa, atau tuntas sebesar (66.66%) siswa yang memiliki nilai di atas KKM (70.00).  Nilai rata-rata pada peningkatan Siklus 2 sebanyak 25 siswa dari 30 siswa, atau tuntas sebesar (83.33%) siswa yang memiliki nilai di atas KKM (70.00)