Abstrak


Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi dan Pengetahuan dengan Partisipasi Petani dalam Usaha Konservasi Lahan Kering di Kec.Tawangmangu Kab. Karanganyar Tahun2008


Oleh :
Nismah Idayu - K5404050 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) keberartian hubungan antara tingkat sosial ekonomi dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu, 2) keberartian hubungan antara pengetahuan tentang konservasi lahan dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu, 3) keberartian  hubungan secara bersama-sama antara tingkat sosial ekonomi dan pengetahuan petani tentang konservasi lahan dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh petani yang ikut kelompok tani sayur yang ada di Kecamatan Tawangmangu yaitu  1350 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara cluster random sampling, sejumlah 35 responden. Dari  10 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Tawangmangu, hanya 2 desa yang dijadikan objek penelitian, yaitu Desa Gondosuli, sebagai desa yang mewakili daerah yang berpotensi baik untuk tanaman sayur, dan  Desa  Nglebak sebagai desa yang mewakili daerah yang kurang berpotensi untuk tanaman sayur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis  data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi ganda, dengan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas uji Lirtieritas dan uji Independensi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikansi 5?n n = 35 diperoleh (l) Hubungan antara tingkat sosial ekonomi dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu, diperoleh r hitung>r label yaitu 10,710 > 0,334. (2) Hubungan antara pengetahuan tentang konservasi lahan dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu, diperoleh r hinmg  > r tabet yaitu 0,73!  > 0,334.  (3) Hubungan antara tingkat sosial ekonomi dan pengetahuan tentang konservasi secara bersama-sama dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu, basil perhitungan korelasi ganda taraf signifikansi 5?= 2 diperoleh dengan F hitung  >F tabel =22,64 >  3,30 persamaan garis regresi Y = 154,74 + 7,944 X1 + 3,019 X2.
Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa  1 ).  Ada hubungan positif yang berarti antara tingkat sosial ekonomi dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu 2). Ada hubungan positif yang berarti pengetahuan tentang konservasi lahan dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu 3). Ada hubungan positif yang berarti antara tingkat sosial ekonomi dan pengetahuan tentang konservasi secara bersama-sama dengan partisipasi dalam usaha konservasi lahan kering di Kecamatan Tawangmangu